Visit Social Media

Kampung Wisata Terbanggi Besar Lampung Tengah

tugu selamat datang 
Pada tahun 2016 Terbanggi besar ditetapkan sebagai kampung wisata oleh Bupati Lampung Tengah Mustafa. 
Adapun alasan penetapannya 
karena dianggap memiliki banyak nilai sejarah, adat istiadat, budaya, dan kesenian orang Lampung.  Hal ini disebabkan Terbanggi besar merupakan pusat pemerintahan pertama di Lampung. 


Jejak peninggalan yang masih ada hingga sekarang adalah rumah adat nuwo balak yang dibangun sekitar tahun 1696 dan Nuwo Kattur (rumah Kantor) dibangun sekitar tahun 1832 .

Penetapan Terbanggibesar sebagai kampung budaya merupakan salah satu implementasi program canangan Bupati Lampung Tengah yakni Terbagus (Terbanggi besar, Bandarjaya, dan Gunung sugih). Terbangi besar sebagai pusat budaya, Bandar jaya sebagai pusat ekonomi, dan Gunung sugih sebagai pusat pemerintahan. Dan, untuk mencitrakannya sebagai kampung wisata budaya, Terbanggi besar juga dilengkapi rumah tapis, rumah batik, rumah pemerintahan, rumah informasi, dan kantor pemerintahan kampung wisata.

Dengan adanya pengembangan pembangunan dibidang pariwisata yang memiliki estetika dan keunikan diharapkan kedepannya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. semoga sektor pariwista di Lampung tengah terus berkembang.

0 comments:

Post a Comment

Kampung Wisata Terbanggi Besar Lampung Tengah

tugu selamat datang   Pada tahun 2016 Terbanggi besar ditetapkan sebagai kampung wisata oleh Bupati Lampung Tengah Mustafa.  Adapun ala...